Rabu, 18 Mei 2016

Alasan Tidur Cukup Tetapi Masih Mengantuk


Beberapa dari kita mengalami rasa kantuk yang hebat padahal memiliki jam tidur cukup danteratur, dan berpikir terjadi sesuatu yang salah dengan tubuh kita yang kita tidak tahu alasannya. Ada beberapa alasan yang mendasari hal tersebut, salah satunya:
 
1.      Bermain smartphone
Saat ini smartphone tidak bisa terlepas dari keseharian kita. Namun, kita perlu berhati-hati jika terlalu banyak bermain smartphone dapat mengganggu kualitas tidur,  jam tidur memang terpenuhi tapi kualitas dari tidur kita buruk. Maka dari itu, mengapa smartphone ataupun gadget merupakan perangkat yang harus kita hindari pada saat tidur.

2.      Kurang olahraga
Olahraga bukan hanya baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh kita, namun juga sangat mempengaruhi kualitas tidur kita. Seperti yang dilansir dari merdeka.com, penelitian dari Northwestern University menemukan bahwa dibutuhkan empat bulan olahraga teratur untuk membantu menyembuhkan insomnia. Orang yang mengalami insomnia biasanya memiliki perbedaan dalam aktivitas otak mereka, sehingga dibutuhkan waktu yang relatif lama untuk membantu tidur dengan nyenyak. Sebaliknya, kurang olahraga bisa membuat kualitas tidur tidak maksimal dan membuat kita  tetap merasa lelah dan mengantuk meski sudah tidur cukup.
3.      Matras yang kurang nyaman
Matras bisa mempengaruhi kualitas tidur kita, bisa karena matras yang tidak mampu menopang tubuh dengan baik, matras yang panas, dan matras yang mudah kotor sehingga tidur kita kurang nyaman. Akan lebih baik jika kita memilih matras talalay latex yang tentunya memiliki kelebihan anti bakteri dan anti kuman.

4.      Tidur dengan hewan peliharaan
Terlalu meyayangi hewan peliharaan, sehingga banyak orang yang tidur dengan hewan peliharaannya. Tanpa disadari hal ini bisa mengganggu waktu tidur. Sebuah penelitian di Mayo Clinic mengungkap bahwa 10 persen pasien yang bermasalah dengan tidur terganggu oleh hewan peliharaan yang tidur bersama mereka. Beberapa di antaranya adalah suara hewan peliharaan, hewan yang berkeliaran dalam kamar atau dalam rumah. Maka dari itu, akan sangat baik untuk tidak mengajak hewan peliharaan tidur di kamar agar bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar