Minggu, 01 Mei 2016

Bahaya Terlalu Banyak Tidur

Bagi sebagian orang yang tidak memiliki segudang aktivitas yang padat biasanya malah menjadi malas dalam melakukan aktivitas yang tidak biasa dilakukan, bahkan tak sedikit yang malah memanfaatkannya dengan tidur seharian. Namun, tahukah jika kita terlalu banyak tidur juga berdampak buruk bagi kesehatan, tak hanya kekurangan tidur saja yang tidak baik bagi tubuh, apalagi jika tidur yang terlalu lama digunakan sebagai kesempatan ‘balas dendam’ karena sebelumnya kita selalu kekurangan tidur, hal itu akan jauh berdampak lebih buruk lagi.
 
Adapun dampak jika kita terlalu banyak tidur seperti yang dilansir dari HuffingtonPost.com, diantaranya:

1.      Meningkatkan risiko depresi
Seperti studi yang dilakukan pada tahun 2014 membuktikan, seseorang yang tidur terlalu lama mengalami peningkatan gejala depresi. Partisipan studi yang tidur selama tujuh sampai sembilan jam semalam terbukti mengalami 27%  gejala depresi, sedangkan mereka yang tidur lebih dari sembilan jam mengalami peningkatan depresi sekitar 49%.

2.      Fungsi otak melemah
Studi yang dilakukan tahun 2012 membuktikan bahwa tidur terlalu lama di usia lanjut bisa memperburuk fungsi otak selama enam tahun.

3.      Risiko diabetes
Sebuah penelitian di Quebec membuktikan bahwa tidur lebih dari delapan jam setiap malam berisiko terkena diabetes tipe dua.

4.      Risiko jantung
Dalam sebuah riset yang melibatkan 3000 orang yang dilakukan oleh American College of Cardiology tahun 2012, mereka yang tidur lebih lama lebih dari delapan jam setiap malamnya mengalami risiko masalah jatung.

5.      Menaikan berat badan
Studi yang dilakukan Quebec selama enam tahun membuktikan, bahwa mereka yang tidur lebih dari delapan jam setiap harinya mengalami kenaikan berat badan sebanyak lima kilogram, meskipun asupan makannya sama dengan mereka yang tidur teratur.

6.      Sulit Hamil
Bukan hanya kurang tidur saja yang bisa menyebabkan wanita sulit hamil, wanita yang terlalu banyak tidur pun akan sulit untuk hamil, karena waktu tidur memang berpengaruh pada perubahan hormon dan siklus menstruasi.

7.      Risiko kematian lebih awal
Dari 16 studi berbeda pada tahun 2010 yang diikuti 1.382.999 partisipan riset menunjukkan ada peningkatan resiko kematian lebih awal bagi orang yang tidur lebih dari delapan jam dari keseluruhan kasus

Menanggapi dampak terlalu banyak tidur, bukan berarti bagi kita yang memiliki tidur yang teratur malah jadi mengurangi jam tidur kita. Karena kurang tidur maupun terlalu banyak tidur sama-sama berisiko buruk bagi kesehatan. Jika kita tidak ingin terlalu banyak tidur setiap harinya kita bisa melakukan hal positif yang ringan, memiliki kamar yang bagus bukan berarti kita tidak perlu merapihkannya, malas untuk melakukan baanyak aktivitas, mungkin kita bisa melakukan aktivitas ringan di kamar, mulai dari membereskan kamar, menata kamar, membaca buku, menonton tv atau pun film, dan kitapun bisa melakukan akivitas tersebut tanpa harus beranjak dari kasur atau matras, apalagi jika matras yang kita gunakan adalah matras mewah dan nyaman, tidak ada alasan lain lagi untuk kita tidur terlalu lama bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar